Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda

on Wednesday, January 23, 2013
Tutorial BlogspotSEO Onpage Blogger. Ada desas desus jika update algoritma google lebih mementingkan SEO Onpage daripada jumlah aliran backlink yang menuju ke sebuah situs (SEO Offpage). Dalam menyikapi hal ini, ada sebagian blogger yang setuju, tapi ada sebagian blogger yang menyanggah dengan cara melakukan riset langsung. Terbukti pada artikel kontes SEO, dimana aliran backlink juga diperhitungkan agar blog melesat naik ke halaman teratas pencarian google. Admin setuju pendapat kedua, karena memang faktanya demikian. Terlepas dari pro kontra tersebut, admin akan infokan informasi beragam jenis Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda.

Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda


Untuk pengoptimasian SEO situs dari dalam situs itu sendiri (SEO Onpage), diperlukan modifikasi edit HTML, diantaranya : Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
1. Tag Heading Judul artikel dan Judul Blog yang dinamis (Di halaman pertama judul blog tag headingnya H1 sementara judul artikel H2, H3, namun ketika berada di single post, judul artikel tag headingnya menjadi H1, sementara untuk judul blog menjadi span biasa)

2. Memasang meta tag dan robot.txt untuk menghindari duplikasi meta deskripsi dan meta keyword. Selain itu url yang tidak termasuk dalam direktori khusus seperti wordpress tidak ikut tercrawl (seperti halaman archive, label, maupun hasil penelusuran situs)

3. Menofollowkan link situs keluar untuk memperkecil link outbound.

4. Menambah related post. (langkah terbaik menautkan di dalam artikel dan dilakukan secara manual / penggunaan script related post otomatis, saat dibuka melalui view source page tetap berupa script bukan kumpulan link)

5. Menambah navigasi breadcrumb. Mempermudah situs pencari dalam menemukan artikel di blog Anda

6. Ganti Tag heading sidebar dari h2/h3 menjadi span, agar mesin pencari fokus pada konten artikel Anda.

7. Perbanyak link inbound seperti wikipedia. Di wordpress ada plug in khusus, di blogspot juga ada, hanya saja kurang maksimal seperti wordpress. Bisa berlaku hanya untuk beberapa keyword dan url yang terpasang juga statis tidak bisa dinamis.

8. Nofollowkan semua link pada label, posting terbaru, posting terlama, komentar blog.

9. Memasang rich snippet bintang di hasil penelusuran dan variannya. Nilai SEO Onpagenya terletak pada peluang diklik netter semakin besar ketimbang situs lainnya. Hal sama juga berlaku pada blog yang menampilkan foto profil google plus (dengan catatan blog terintegrasi dengan google plus). Semakin banyak orang mengklik situs di hasil penelusuran, berarti semakin menambah nilai pageview. Semakin besar nilai pageview, maka semakin kuat bercokol di hasil penelusuran google. Tahukah Anda jika seseorang sudah klik situs di hasil penelusuran, selama mereka belum menghapus cache browser mereka, maka untuk hasil penelusuran keyword lainnya, situs tersebut akan mendapat prioritas khusus dari google. Berlaku juga untuk seseorang yang menjalin pertemanan dengan admin blog di dalam akun google plus. Maka prioritas blog sangat diistimewakan untuk hasil penelusuran beragam keyword.

10. Hindari broken link, link tersembunyi maupun black hat SEO

11. Setiap laman setidaknya terdapat 3 link, maksimal 100 link.

12. Judul jangan terlalu panjang, agar tampil sempurna tanpa terpotong di hasil penelusuran

13. Konten berisi teks setidaknya 300 - 400 kata.

14. Ada teks sesuai judul di dalam artikel itu sendiri (agar terjadi korelasi yang nyambung antara judul, deskripsi, dan keyword). Usahakan natural, jangan terlalu over dalam menampilkan teks ini. Contoh dalam artikel ini adalah teks Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda. Ada yang bilang bahwa setiap paragraf harus ada teks tersebut. Namun menurut hemat admin tidak perlu karena akan membuat mata pengunjung terganggu. Perlu juga menambah keyword yang kemungkinan dicari orang di mesin pencari. Tentunya related keyword yang nyambung dengan artikel yang Anda publish

15. Memasang Permalink Link buat Blogspot di bawah artikel.

16. Tautan Permanen yang tepat, tidak terpotong.

17. Memberi link ke situs yang sudah populer di google seperti wikipedia, agar blog Anda ikutan terkatrol. Jika Anda takut dengan banyaknya link outbound bisa menambah rel nofollow pada link tersebut.

Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda
credit by reckydj.com



18. Penambahan alt dan title pada gambar. Agar cepat gambar terindeks di google image dengan menggunakan gambar yang sudah terindeks. Gambar baru dimana kamu sendiri yang upload di blog membutuhkan waktu yang lambat. Terlebih gambar tersebut bukan berasal dari jepretan kameramu sendiri, melainkan menggunakan gambar yang kamu dapat dari internet. Tips yang lebih hot, modifikasi agar gambar beda dengan aslinya, bisa dengan menambah tulisan, maupun edit photoshop.

19. Speed Loading. Mesin penelusur seperti google lebih menyukai blog yang loading speednya kenceng daripada blog yang lambat. So gunakan template yang sederhana, beda tapi keren. Gunakan penambahan widget sesuai kebutuhan. Gunakan gambar dengan ukuran size yang kecil agar speed loading ringan. Format yang dianjurkan adalah gif, jika tidak ada JPG. PNG memang tampil sempurna di browser tapi loading speednya sangat lambat saat proses download karena biasanya PNG lebih jernih kualitas gambar dan sizenya juga besar.

20. Jangan copy paste artikel orang lain full. Karena bisa jadi blog Anda dikira plagiat oleh google. Jika Anda lakukan bisa berpeluang terkena banned oleh google.

21. Penambahan tombol share. Fungsinya semakin banyak orang share artikel di situs kamu, maka semakin banyak jumlah backlink yang didapat dari situs jejaring sosial. Selain itu blog kamu juga akan semakin populer dan dikenal oleh khalayak ramai.

22. Gunakan bold, underline, italic untuk kata - kata tertentu di dalam artikel. Hal ini sebagai penekanan pada keyword utama, sehingga bisa menginformasikan kepada mesin pencari.

22. Membuat artikel yang fresh, original content, berbeda dari yang lainnya dan tentu saja dengan pembahasan yang begitu mendalam. Inilah intisari dari SEO Onpage paling bagus : yaitu Konten. Semakin banyak artikel yang dipublish oleh sebuah situs, semakin berpeluang ditemukan oleh seseorang dari beragam keyword yang diketik. Di saat itulah, situs blog Anda banjir traffic, mudah dalam monetize  blog, PR naik, Alexa ramping dan nilai authority di hasil penelusuran semakin baik.

Masih banyak lagi cara SEO Onpage Blogger ini. Nantikan disitus ini ya infonya! Demikian artikel berjudul Memaksimalkan SEO Onpage Blogspot Anda.