Tips SEO Sebelum Membuat Blog

on Thursday, January 24, 2013
Tutorial Blogspot - Tips SEO Sebelum Membuat Blog. Semakin hari semakin banyak blogger bermunculan, sehingga mau tidak mau banyak juga ditemukan artikel yang sama bersaing di search engine. Nah disaat itulah perlu mempelajari teknik SEO yang membuat search engine seperti google jatuh cinta kepada blog kita. Salah satu upayanya yaitu mengasah teknik sebelum membuat blog. Lakukan riset mendalam terhadap keyword dan tingkat persaingan, agar blog kita mampu bersaing dengan mudah di search engine. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

ilustrasi jika mau menyerang keyword bisnis (data berikut saat artikel ini dipublish)

(Keyword utama / tingkat 1) bisnis tingkat persaingan 280,000,000 hasil

Penelusuran yang terkait dengan bisnis (keyword frase / tingkat 2)
bisnis modal kecil 4,890,000 hasil
bisnis sampingan 2,100,000 hasil
bisnis rumahan 2,520,000 hasil
bisnis makanan 49,200,000 hasil
bisnis ukm 3,960,000 hasil
bisnis pulsa 6,400,000 hasil
pengertian bisnis 8,100,000 hasil
definisi bisnis 5,620,000 hasil
dan lain - lain

Data yang kemungkinan bisa diserang dengan cepat dan sedikit usaha adalah Tips Memulai Bisnis dengan 1,930,000 hasil.

Baca Data
Data selanjutnya perhatikan situs - situs yang berada di halaman pertama : hampir sebagian besar itu adalah title blognya bukan title artikel, so untuk menembus halaman pertama di tingkat persaingan yang sudah di angka jutaan dengan membuat artikel sangat sulit bahkan mustahil. Untuk bersaing title blogmu harus sama yaitu keyword seputar Bisnis.

Contoh title yang bisa kamu gunakan untuk Blogmu
- Review Bisnis Indonesia
- Tips Memulai Bisnis
- Panduan Bisnis Pemula
(untuk title ini usahakan unik, tidak sama dengan kebanyakan blog, agar dikira blog kamu fresh oleh mesin pencari seperti google)

Jika sudah menemukan title yang tepat, url blog harus ada embel - embel bisnis. Setelah itu deskripsi blog dan keyword juga ada embel - embel bisnis.

Contoh Praktek
Title : Tips Memulai Bisnis (Judul Blog)
Url : tipsmemulaibisnis(dot)blogspot.com misalnya
Deskripsi : Panduan lengkap yang mengulas berbagai tips memulai bisnis dan kisah pebisnis sukses Indonesia
Keyword : Tips dan Trik Bisnis, Bisnis Indonesia, Bisnis Pemula, Panduan Bisnis, Kisah Sukses, Pebisnis Sukses, Tips Memulai Bisnis.

Tips SEO Sebelum Membuat Blog


  • Selanjutnya usahakan di footer ada link dengan keyword embel - embel bisnis, yang menuju ke url homepage. Untuk hasil maksimal gunakan coding manual <a href="nama url">Keyword</a>. Jika Anda menemukan coding bawaan template seperti <a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title'><data:blog.title/></a> hapus saja, gunakan coding yang pertama.
  • Selanjutnya setiap artikel harus terdapat link yang menuju homepage (gunakan bold). Bisa di awal kalimat (direkomendasikan) maupun membuat link permalink di bawah artikel. Misalnya setiap awal artikel ada link Tips Memulai Bisnis - isi artikel. Cara otomatis kunjungi setelan blog - pos dan komentar - template entri dan masukkan <a href="alamat url sobat" title="Tips Memulai Bisnis">Tips Memulai Bisnis (Keyword Utama)</a>

Anda fokus pada blog tersebut dengan membuat artikel 1 tema yang konsisten. Ketika orang sudah banyak mengunjungi blog Anda tersebut, artinya nilai pageview meningkat pesat, PR naik, alexa rank ramping dan ketika itu, blog kamu yang fokus pada 1 keyword yang minim pesaing dibanding keyword persaingan berat diatas akan berada di halaman pertama untuk keyword "Tips Memulai Bisnis". Jika keyword ini bertahan lama di halaman pertama, lambat laun blog kamu mampu bersaing dengan situs lain untuk sembarang keyword, asal ada embel - embel bisnis (keyword tingkat 1).

Tips SEO Sebelum Membuat Blog
credit by blognyakadhenk.blogspot.com

Banyak blogger yang fokus pada keyword populer, sehingga menghabiskan sepanjang waktu blogging hanya untuk menanam backlink agar blognya mampu unggul di halaman pertama google untuk keyword tersebut. Padahal dengan fokus pada persaingan yang rendah belum dilirik (selama masih ada 1 keyword tingkat 1 didalamnya), dan unggul di kata kunci tersebut maka lambat laun blognya mampu bersaing di halaman pertama google untuk sembarang keyword, selama ada embel - embel keyword tingkat 1.
Tips SEO Sebelum Membuat Blog