Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

on Monday, February 4, 2013
Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia. Sejarah Bank Mandiri tidak terlepas dari krisis moneter dan perbankan yang terjadi di Indonesia sejak 1997 dan mencapai puncaknya pada 1998 lalu. Saat itu perekonomian kita tampak lumpuh, harga melonjak tajam dan PHK menjadi pilihan terakhir perusahaan - perusahaan agar tetap survive di tengah dampak krisis. Sejurus kemudian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan pun menurun secara drastis. Banyak penarikan dana yang dilakukan masyarakat dalam jumlah yang signifikan. Hal ini tentunya akan membuat bank - bank nasional di ambang kehancuran. Upaya ekstrim pun dilakukan dalam berebut dana masyarakat, salah satunya dengan memberikan bunga deposito hingga mencapai angka 60%. Bank yang tidak mampu bersaing akhirnya collapse (bangkrut) dan dibekukan oleh pemerintah. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Langkah lanjutan yang dilakukan pemerintah agar kemelut dunia perbankan nasional kembali menemukan titik terang dalam kebangkitan adalah dengan jalan melakukan merger. Merger adalah suatu proses penggabungan antara dua bank atau lebih menjadi sebuah bank baru atas dasar kesepakatan kedua belah pihak yang saling menguntungkan. Meskipun tujuannya secara eksplisit tidak dijelaskan, namun langkah merger ini arahnya bisa diduga. Setidaknya ada 3 tujuan utama, yaitu menciptakan suatu sinergi dalam menguatkan aset, permodalan dan jaringan yang telah ada, kedua : sebagai langkah efisiensi dan pengoptimalan Bank dan ketiga meningkatkan peran manajerial bagi bank hasil merger. Dan Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia, inilah hasil merger dari 4 bank pemerintah. Nama bank yang tergabung menjadi Bank Mandiri adalah Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim, dan Bank Pembangunan Indonesia. Total aset keempat bank ini pada saat akan di merger diperkirakan mencapai lebih dari Rp. 90 triliun dengan modal sendiri yang mencapai sekitar Rp. 9 triliun.

Setelah keempat bank bergabung dengan nama Bank Mandiri, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 1998, secara otomatis jumlah nasabah yang dapat dilayaninya pun bertambah, dengan jumlah kantor cabang yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Langkah awal yang dilakukan Bank Mandiri adalah dengan merampingkan jumlah karyawannya serta membuat terobosan baru untuk segera keluar dari krisis moneter. Ternyata langkah pemerintah tersebut efektif dan pada akhirnya mewujudkan Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia seperti saat ini.

Pelajaran penting yang bisa kita ambil dari sejarah kelam dunia perbankan indonesia, setidaknya kita tahu bahwa fungsi bank tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang (menabung) maupun memberikan kredit bagi pengusaha kecil dan menengah. Lebih dari itu, fungsi bank juga sebagai penjaga stabilitas perekonomian.

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

  • Award Penghargaan yang diterima oleh Bank Mandiri
Segudang penghargaan baik lokal maupun internasional telah didapat Bank Mandiri atas prestasi kinerjanya yang solid, dan pelayanan terbaik. Menurut Survei BSEM, Bank Mandiri menjadi pemuncak 10 Bank Terbaik dalam hal pelayanan prima terhadap nasabahnya. Penilaian didasarkan pada 3 kategori yaitu customer service terbaik, internet banking dan phone banking - office dengan metode mystery shopper. Dan berdasarkan penilaian tersebut, ketiga kategori dimenangkan oleh Bank Mandiri. Ini kelima kalinya Bank Mandiri secara berurutan menjadi pemenang.

Dalam metode mystery shopper ini, seorang shopper bertindak sebagai nasabah dan berinteraksi melalui berbagai transaksi seperti, membuka rekening tabungan, meminta informasi produk, melakukan transaksi di seluruh e-channel (ATM, Internet Banking, SMS Banking dan Phone Banking), serta mengajukan compliant mengenai transaksinya. Sebuah penilaian yang ketat bukan dalam seleksi bank terbaik? Berdasarkan data ini, terbukti jika Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia.

Penghargaan internasionalpun juga didapatkan Bank Mandiri di sepanjang tahun 2012. Award yang paling bergengsi adalah gelar Best Bank in Indonesia dalam perhelatan Finance Asia Country Award 2012. Selain itu gelar sama juga didapat dari Best Domestic Bank Award, Alpha Shoutheast Asia dan dari Euromoney Magazine.

  • Layanan Bank Mandiri kepada masyarakat
Selain jumlah kantor cabang ATM dan EDC yang ditambah di sejumlah daerah, sistem online juga digarap secara maksimal oleh Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia  Upaya ini dilakukan agar nasabah puas atas layanan Bank Mandiri dan tentu saja menghindari antrian panjang karena transaksi per teler naik perharinya. Sementara itu pengusaha kecil dan menengah juga mendapatkan perhatian dari Bank Mandiri dengan memberikan kredit usaha yang win win solution. Untuk info selengkapnya tentang berbagai layanan dari Bank Mandiri, silahkan kunjungi situs resminya di Bank Mandiri.

  • Metamorfosis Slogan Bank Mandiri
Slogan ibarat ruh gerakan yang mampu menyatukan semangat massa sekaligus sebagai tujuannya. Dan slogan Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia ini dari waktu ke waktu mengalami perubahan (fleksibel) menyesuaikan kondisi di lapangan dan visi apa yang ingin segera dicapainya. Sedikitnya ada 7 slogan Bank Mandiri yang berubah dari waktu ke waktu. Saat awal terbentuk, yaitu pada tahun 1998 Bank Mandiri menggunakan slogan Bank Terpercaya Pilihan Anda. Mungkin harapan dan maksud dari slogan ini, adalah menumbuhkan kembali kepercayaan publik yang sempat turun waktu itu terhadap bank. Slogan ini dipakai hingga akhir 2002, kemudian selama 2003 hingga 2004 slogan beralih menjadi  Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank. Slogan lainnya yang bermetamorfosis secara berurutan  Melayani Dengan Hati, Menuju Yang Terbaik dipakai pada 2005 - 2007,Bank Mandiri - Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda dipakai sejak 2008 dan menjadi title di situs resmi Bank Mandiri hingga sekarang, Menembus Batas Keinginan 2009 - 2010, Menjawab Setiap Keinginan 2010 -2012, dan slogan Bank Mandiri terbaru adalah Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja.

Dari perubahan slogan yang terjadi sepanjang waktu bukan berarti Bank Mandiri tidak memiliki karakter yang kukuh. Justru dari perubahan ini, membuktikan Bank Mandiri terus berkembang dan fleksibel sesuai yang terjadi di lapangan. Semua ini sebagai bentuk terobosan baru dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.