Tips Membuat Martabak Manis agar Kulitnya Tidak Gosong

on Wednesday, April 1, 2015
Tips Membuat Martabak Manis agar Kulitnya Tidak Gosong. Kesulitan bikin martabak manis sendiri di rumah adalah bagaimana membuat kulit martabak matang sempurna, tidak gosong di luar, namun didalamnya malah belum masak sama sekali. Ibu - ibu pernah mengalami hal ini? Hal ini sebenarnya bisa diatasi jika Anda menerapkan tips berikut ini.

Sekedar info, martabak merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Daerah yang terkenal akan martabak adalah bangka. Anda bisa menjumpai penjual martabak bangka hampir di seluruh kota di Indonesia. Salah satu yang menjadi pembeda martabak bangka adalah tekstur kulit martabak manis yang legit dan lembut sehingga nikmat ketika kita gigit. Selain itu martabak bangka selalu menawarkan kulit yang matang sempurna di seluruh bagian. Anda sudah pernah mencoba?
Artikel berikut sangat berkaitan dengan martabak bangka, karena ide tulisan ini setelah mengamati penjual martabak bangka di daerah saya.

Pertama : Teflon Harus Tebal
Lihat penjual martabak di sekitar Anda, tidak ada satupun dari mereka yang menggunakan teflon tipis saat membuat martabak manis. Semua sama - sama menggunakan teflon tebal. Alasannya teflon tebal mampu membuat panas dari api cepat merata hingga bagian dalam adonan kulit martabak manis. Tidak terfokus pada bagian luar saja.

Baca juga : Resep Membuat Martabak Telor

Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik agar kulit martabak manis matang sempurna, jalan satu - satunya adalah dengan mempersiapkan peralatan berupa teflon yang tebal. Sebagus apapun bahan yang Anda gunakan, seenak apapun resep yang Anda coba, jika peralatan tidak mendukung, maka pembuatan martabak tetap tidak sempurna. Peralatan ini sangat urgen dan tidak bisa tergantikan. Catat ya ibu - ibu!

Kedua : Nyala Api Harus Kecil dan Stabil
Pastikan nyala api saat membuat martabak manis adalah kecil dan stabil. Jangan sampai agar martabak cepat matang, Anda menyegerakan dengan memperbesar nyala api. Justru api besar membuat permukaan kulit martabak jadi gosong sementara bagian dalam belum matang benar.

Ketiga : Tutup Teflon
Setelah adonan dituangkan kedalam teflon, jangan lupa taburi sedikit gula pasir agar kulit lebih manis. Waktu yang tepat menaburi gula pasir saat adonan sudah muncul buih. Kemudian tutup teflon Anda dan biarkan matang dengan sendirinya. Waktu memasak tidak ada tolok ukur yang jelas, mengingat tidak jelas besarnya api yang digunakan. Namun ketika Anda sering masak martabak manis, akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

Jika 3 tips diatas Anda praktekkan, insya allah martabak Anda menjadi matang sempurna. Seperti contohnya Martabak Paling Enak di Jakarta.